Perbedaan Dari Bakteri Baik dan Jahat Serta Perannya

Bakteri adalah organisme mikroskopis yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Tergantung pada jenisnya, sebenarnya peran dari bakteri bukan hanya sebagai penyakit. Orang juga membutuhkan bakteri baik yang benar-benar melindungi dari infeksi. Ada bakteri baik juga bakteri jahat. Dari semua jenis dapat menahan kondisi ekstrim.

Jenis bakteri baik dan jahat

Ada bakteri dengan ekor yang disebut flagel. Ini membantu mereka untuk bergerak. Di sisi lain, ada juga organisme dengan rambut ekstra yang memungkinkan mereka untuk saling menempel. Lapisan lengket ini juga memungkinkan mereka menempel pada permukaan benda dan sel tubuh manusia.
Untuk lebih membedakan kedua jenis bakteri tersebut, penjelasannya adalah:

  • Bakteri jahat

Inilah biang keladi yang menyebabkan seseorang sakit saat terinfeksi. Ketika mereka masuk ke dalam tubuh manusia, mereka dapat berkembang biak dan menghasilkan racun yang membuat seseorang sakit.

Tidak hanya itu, seruan untuk selalu mencuci tangan tidak lain adalah agar tidak tertular si jahat. Demikian juga sudut-sudut rumah yang rawan menjadi tempat berkembang biaknya bakteri harus dibersihkan secara rutin.

  • Bakteri baik

Di sisi lain, tubuh manusia adalah rumah bagi sekitar 100 triliun bakteri baik. Sebagian besar ada di sistem pencernaan. Peranan bakteri ini sangat penting bagi manusia.

Kebaikannya memungkinkan tubuh menyerap nutrisi dan mencerna makanan secara optimal. Mereka juga menghasilkan berbagai jenis vitamin di saluran pencernaan, seperti asam folat, niasin, vitamin B6, dan vitamin B12.

Kenali peran bakteri baik

Lalu apa saja jenis-jenis bakteri baik?

Lactobacillus

Lebih dari 50 spesies Lactobacillus yang berbeda ada di tubuh manusia, terutama di sistem pencernaan. Selain itu, Lactobacillus juga dapat ditemukan pada makanan seperti yogurt, susu, keju, miso, asinan kubis, tempe, coklat, kimchi, hingga sourdough.

Bifidobakteri

Bifidobacteria juga banyak ditemukan di saluran pencernaan. Bahkan, mereka sudah berada dalam sistem sejak seseorang lahir. Ada lebih dari 30 spesies Bifidobacteria dalam tubuh manusia dengan peran yang berbeda-beda. Mulai dari melindungi dari bakteri jahat, meredakan masalah pada sistem pencernaan, hingga membantu mencapai kadar kolesterol normal wanita.

Streptococcus thermophilus

Ini adalah jenis bakteri yang menghasilkan enzim laktase. Enzim ini penting untuk mencerna gula dalam susu dan produk susu lainnya. Menurut beberapa penelitian, Streptococcus thermophilus juga berpotensi mencegah alergi laktosa.

Selain makanan, ada juga suplemen probiotik yang diklaim dapat membantu meningkatkan jumlah bakteri baik dalam tubuh. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya.

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.