Menyalahkan Diri Sendiri Tidak Baik Untuk Hidup

Anda mungkin merasa bahwa kegagalan atau masalah yang muncul adalah tanggung jawab Anda sendiri. Menyalahkan diri sendiri adalah tindakan kekerasan emosional yang bisa Anda lakukan. Kabar buruknya, kekerasan emosional ini termasuk dalam kategori berbahaya. Hal ini dapat disebabkan oleh ketidakmampuan seseorang untuk mengungkapkan pengampunan dan rasa bersalah pada dirinya sendiri.

Anda mungkin menjadi tidak termotivasi untuk melakukan apa pun dan tampak diam. Cara mengatasi hal ini tentunya harus dimulai dari diri sendiri. Lihat penjelasannya di bawah ini.

Konsekuensi menyalahkan diri sendiri

Anda mungkin sudah tahu bahwa manusia adalah makhluk yang sempurna. Kita diberi akal dan perasaan untuk bereaksi terhadap setiap situasi yang muncul. Di sisi lain, manusia juga makhluk yang jauh dari sempurna dalam beberapa hal.

Ketika seseorang gagal, itu akan memberitahu Anda bahwa masih harus ada keseimbangan dalam hidup. Menyalahkan diri sendiri dapat memiliki beberapa efek pada kesehatan mental Anda:

  • Tutup dirimu

Menyalahkan diri sendiri dapat membuat Anda tidak berdaya. Orang cenderung menghindari atau takut akan hal-hal baru. Anda bisa menghentikan ide-ide yang muncul di pikiran Anda atau bekerja lebih menarik lagi karena takut mengulang masa lalu.

  • Mempermalukan diri sendiri

Tentu saja, menyalahkan diri sendiri sama saja dengan mempermalukan diri sendiri. Anda terus-menerus membandingkan diri Anda dengan kesuksesan atau ingin menghindari kegagalan. Jika Anda merasa gagal, Anda perlu memperbaiki sesuatu dan tidak menyalahkan diri sendiri.

  • Menyebabkan depresi

Sebuah penelitian mengatakan bahwa menyalahkan diri sendiri dapat membuat seseorang tidak berguna, membuat mereka sedih dan depresi, dan menunjukkan tanda-tanda depresi lainnya.

Bagaimana Anda menghadapi menyalahkan diri sendiri?

Jika Anda cenderung lebih menyalahkan diri sendiri, Anda perlu cara untuk menghentikan kebiasaan itu. Alasannya adalah menyalahkan diri sendiri hanya mengarah pada saat-saat buruk. Berikut adalah langkah-langkah yang harus diambil untuk mengatasi menyalahkan diri sendiri:

Ubah penampilan

Jadi cobalah untuk mengubah perspektif Anda dengan berpikir Anda bisa melakukannya. Berpikir Anda dapat melakukan sesuatu akan menghilangkan pikiran negatif yang muncul. Anda juga suka melakukannya.

Lihat melalui kacamata yang lebih besar

Setiap peristiwa selalu datang sebagai pelajaran hidup. Belajarlah dari semua yang terjadi daripada terus-menerus menyalahkan diri sendiri. Tanyakan pada diri Anda pelajaran apa yang dapat Anda pelajari saat Anda melewati masa-masa sulit.

Percaya pada diri sendiri

Cara terbaik untuk berhenti menyalahkan diri sendiri adalah dengan percaya pada diri sendiri. Penyesalan bisa saja muncul karena kita tidak yakin. Mungkin Anda membuat keputusan yang salah. Namun, jadikan itu cara untuk tumbuh dan merasa lebih percaya diri dalam mengambil keputusan selanjutnya.

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.