Para Pedagang Online, Yuk Lakukan Ini Agar Konsumen Setia

Banyaknya toko online yang beredar memudahkan kita sebagai pengguna internet Indonesia untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda-beda. Apalagi sudah banyak web shop yang menawarkan aplikasi sehingga proses transaksi tetap bisa dilakukan secara mobile. Sehingga konsumen tidak perlu online dengan PC atau laptop jika ingin membayar. Aplikasi ini memberikan kemudahan bagi konsumen untuk bertransaksi melalui smartphone dimanapun kita berada.

Namun, sebagai konsumen toko online, kita sering mendengar berita tentang penipuan online. Konsumen sudah membayar, lalu webshop tiba-tiba menghilang. Hal ini tentu membuat kita lebih waspada atau mungkin takut untuk berbelanja online. Secara tidak langsung hal ini juga berdampak pada tingkat kesulitan toko online jujur ​​yang diinginkan konsumen.

Meski begitu, ternyata masih banyak toko online yang masih sukses menjual dan mendapatkan kepercayaan dari konsumennya. Bagaimana mungkin? Nah, tentunya tidak mudah bagi mereka untuk mendapatkan kepercayaan konsumen karena tidak ada hal-hal tertentu yang menunjukkan kepercayaan tersebut. Bahkan terkadang konsumen hanya menggunakan perasaan ketika memilih berbelanja di toko online, apalagi jika ada beberapa toko online yang menawarkan produk dengan harga yang sama.

Namun untuk menciptakan perasaan yang baik di antara konsumen, toko online juga harus berusaha. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan toko online untuk mendapatkan kepercayaan dan kesejahteraan konsumen:

Foto

Konsumen hanya melihat produk yang ditawarkan berdasarkan foto yang diunggah oleh toko online. Tentunya jika deskripsi toko online “A” lebih menarik dan jelas dibandingkan toko online “B”, konsumen akan lebih memilih untuk membeli dari toko online “A”.

Testimoni

Setelah melihat foto, konsumen akan memperhatikan testimoni atau review konsumen. Jika banyak konsumen yang negatif, konsumen akan sulit percaya pada toko online tersebut. Jadi walaupun konsumen membeli sedikit, web store harus tetap melayani secara profesional agar konsumen tetap puas.

Komunikasi

Jika konsumen telah memilih untuk membeli di toko online, maka komunikasi yang lancar ikut berperan. Kecepatan dan daya tanggap sebuah toko online berpengaruh besar terhadap kepercayaan konsumen.

Nah, diatas merupakan cara agar pra konsumen tokomu tetap setia. Yuk para pedagang, mulai menerapkan hal ini!

 

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.