Mengenal Penyakit Diplopia Yang Umumnya Menyerang Mata

Jika Anda melihat satu objek, tetapi terlihat seperti dua objek, Anda mungkin melihat duplikat atau duplikat. Diplopia adalah gangguan penglihatan yang mana seseorang melihat dua gambar dari objek yang sama padahal seharusnya hanya melihat satu. Kondisi medis ini menyebabkan objek muncul bersebelahan, di atas satu sama lain, atau bahkan keduanya. Penglihatan ganda dapat terjadi pada satu mata (monokular) atau kedua mata (binokular). Kondisi ini juga bisa bersifat sementara atau jangka panjang, tergantung penyebabnya.

Penyebab diplopia monokular

Diplopia monokular adalah kondisi yang kurang umum daripada diplopia binokular. Hal ini terjadi karena adanya masalah pada salah satu mata. Berikut penyebab diplopia monokular yang dapat terjadi:

Mata Kering

Mata menghasilkan cairan pelumas agar tidak mengering. Jika mata Anda tidak memiliki kelembaban yang cukup, mereka akan menjadi kering dan gatal dan Anda mungkin memiliki masalah dengan penglihatan ganda.

Gangguan Retina

Pada degenerasi makula, bagian tengah retina mulai melorot dan terkadang terjadi pembengkakan. Hal ini dapat menyebabkan diplopia monokular, penglihatan kabur dari penglihatan sentral, atau adanya titik buta sentral.

Penyebab diplopia binokular

Diplopia binokular terjadi ketika kedua mata tidak dapat bekerja sama. Pada kondisi ini, kedua mata akan melihat dua bayangan dari satu objek dengan sama jelas. Penyebab diplopia binokular, yaitu:

Juling

Strabismus adalah penyebab umum diplopia binokular. Kondisi ini terjadi ketika mata tidak sejajar sehingga melihat ke arah yang berbeda. Mata juling relatif umum terjadi pada anak-anak.

Diabetes mellitus

Diabetes dapat mempengaruhi pembuluh darah yang mensuplai retina di bagian belakang mata dan saraf yang mengontrol pergerakan otot mata. Hal ini dapat menyebabkan penglihatan ganda dan masalah penglihatan permanen.

Kondisi yang mempengaruhi saraf

Stroke terjadi ketika darah tidak mencapai otak karena penyumbatan di pembuluh darah. Hal ini dapat mempengaruhi pembuluh darah yang mensuplai otak atau saraf yang mengontrol otot mata, menyebabkan penglihatan ganda.

Tidak hanya stroke, tumor otak dan multiple sclerosis juga dapat mempengaruhi sistem saraf, termasuk saraf optik, yang dapat menyebabkan penglihatan ganda. Cara membedakan diplopia yang dialami adalah monocular atau binocular yaitu diplopia binokular mendapat penglihatan yang jelas ketika salah satu mata tertutup sedangkan diplopia monokular tidak.

Cara mengatasi diplopia

Namun, jika penglihatan Anda tidak kembali normal, Anda harus segera mencari perhatian medis. Dokter akan menentukan pengobatan berdasarkan penyebab yang mendasari melalui serangkaian tes.

Jadi jangan ragu untuk menemui dokter jika diplopia Anda mengganggu, tidak hilang, atau sering terjadi. Dengan perawatan yang cepat, Anda dapat menghindari komplikasi yang lebih serius.

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.