Menjadi Introvert Juga Bisa Bahagia Loh! Ini Caranya

Ketika diminta untuk menggambarkan orang yang bahagia, gambaran sering muncul di benak orang-orang yang ekspresif, humoris, atau fleksibel, seperti kupu-kupu sosial. Jadi, apakah tidak mungkin menjadi seorang introvert yang bahagia? Sangat salah. Orang dengan kepribadian introvert bisa membuat dirinya bahagia tanpa membutuhkan orang lain.

Karena introvert lebih suka mengenal diri mereka sendiri daripada rangsangan eksternal, mereka tidak perlu berbuat banyak untuk menjadi bahagia. Tidak perlu bertemu banyak orang, pergi ke tempat terbaru atau menelepon orang lain untuk bahagia.

Bagaimana Anda menjadi seorang introvert yang bahagia?

Berikut adalah beberapa cara untuk menjadi seorang introvert yang bahagia:

Lihat diri Anda secara keseluruhan

Faktanya, jarang seseorang menjadi sangat ekstrovert atau introvert. Kebanyakan orang berada di tengah. Ini berarti bahwa terkadang Anda ingin bersosialisasi dan bergabung dengan orang banyak, tetapi di lain waktu Anda merasa lebih ingin sendiri. Ini adalah karakter seorang ambivert.

Karena itu, cobalah untuk melihat diri Anda secara keseluruhan. Jangan lakukan karena merasa tertutup, hapus semua kalender atau aktivitas yang melibatkan orang lain, meskipun Anda ingin melakukannya sendiri.

Tekankan kekuatan

Hal hebat tentang introvert adalah mereka sering tampil baik secara akademis, dapat mengendalikan diri dan juga pembuat keputusan yang baik. Artinya, bagian otak yang mengontrol emosi dan pengambilan keputusan lebih canggih. Mereka suka berpikir bersama. Pada tahap ini, tidak jarang introvert menemukan makna dalam hidupnya.

Jangan terjebak sebagai seorang introvert

Ada kalanya seorang introvert merasakan dorongan untuk bergaul dengan banyak orang. Mereka merasa lebih bahagia dan mendapatkan lebih banyak energi dari aktivitas tersebut.

Bagaimana mungkin? Bukankah itu tipikal seorang ekstrovert?

Sekali lagi, tidak ada aturan mutlak untuk itu. Bukannya Anda disebut introvert, Anda adalah orang yang aneh sosial. Tentu tidak. Ikuti saja kata hatimu secara alami. Tidak perlu memaksa. Nikmati momen dengan menjadi diri sendiri.

Jika Anda ingin berinteraksi dengan orang-orang di sekitar Anda, tidak ada batasan untuk menikmatinya. Menjadi seorang introvert bukan berarti tidak bisa menikmati hidup. Orang introvert juga bisa bahagia. Ternyata ada manfaat introvert yang membuat mereka lebih dewasa dalam mengambil keputusan dan mendapatkan hasil.

Juga tidak perlu jatuh ke dalam garis bahwa introvert tidak boleh memiliki interaksi sosial. Orang introvert itu pemalu. Orang introvert itu pendiam. Ini semua adalah asumsi usang dan bukan ukuran bagaimana Anda harus bersikap.

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.