Berbagai Manfaat Kesehatan Dari Meditasi Zen

Meditasi Zen dikatakan sebagai salah satu metode manajemen stres dan relaksasi yang paling efektif. Tapi apakah teknik ini dikenal semua orang sebagai zazen? Bagi yang ingin belajar fokus dan mengenali pikirannya sendiri, teknik ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Tidak seperti meditasi yang membutuhkan mantra, tidak ada aturan yang jelas untuk melakukan teknik ini. Beberapa mempelajari teknik pernapasan 10 hitungan, yang lain tidak perlu menghitung napas mereka.

Kenali konsep meditasi Zen

Berakar dalam psikologi Buddhis, teknik meditasi ini berbeda dari metode lain karena melibatkan perhatian dan kemampuan untuk mengamati. Oleh karena itu, orang yang melakukannya dapat membuka mata sedikit tanpa harus fokus pada satu hal tertentu.

Selain itu, praktisi meditasi Zen memperluas cakupan perhatian mereka pada banyak hal, seperti persepsi, pikiran, emosi, dan bahkan kesadaran subjektif.

Manfaat Meditasi Zen

Ada banyak penelitian yang menyatakan bahwa meditasi berdampak positif pada aspek fisik, kognitif, sosial, spiritual dan emosional seseorang. Tidak banyak lagi, manfaat meditasi zen adalah:

Melatih otak agar lebih fokus

Berlatih meditasi Zen selama lebih dari 3 tahun dengan orang-orang yang belum pernah berlatih sebelumnya. Setiap peserta dipindai untuk aktivitas otak dan diminta untuk fokus pada pernapasan. Kadang-kadang mereka diminta untuk memilih kata di layar komputer dan kemudian fokus pada napas lagi.

Masuk ke alam bawah sadar

Ada juga banyak tuduhan bahwa meditasi Zen dapat membantu seseorang memasuki pikiran bawah sadar mereka. Inilah sifat pikiran yang dapat memicu kreativitas dan membantu seseorang mencapai tujuannya.

Rehabilitasi Ketergantungan Narkoba

Meditasi Zen sering digunakan sebagai program rehabilitasi kecanduan narkoba. Pasalnya, meditasi menenangkan detak jantung dan pernapasan para peserta. Tak hanya itu, sebuah studi menyebutkan meditasi juga berdampak pada interaksi antara otak dan jantung. Bagi individu yang menjalani program penarikan kecanduan narkoba, fungsi sistem saraf sering menjadi keluhan.

Menghilangkan Stres

Stres bisa menjadi penyebab penyakit. Oleh karena itu, meditasi merupakan salah satu “obat” untuk menghilangkan stres. Dengan melakukan zazen, seseorang dapat mendengar pikirannya sendiri dengan lebih jelas. Ketika pikiran jernih, berarti lebih mudah memetakan masalah dan solusi.

Apakah meditasi zen adalah teknik yang tepat untuk Anda atau tidak, Anda harus mencobanya terlebih dahulu. Jika ini berhasil untuk orang lain, itu mungkin tidak berhasil untuk Anda. Dan sebaliknya.

Ada banyak jenis meditasi yang bisa dipelajari. Ini tidak instan, tentu saja, karena Anda harus berlatih terus-menerus sehingga Anda tahu bagaimana masuk ke kepala Anda selama sesi. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang manfaat meditasi untuk kesehatan mental, tanyakan langsung kepada dokter Anda.

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.