Yuk Bikin Aturan Dirumah Agar Anak Menjadi Disiplin

Kita pasti sampai pada kesimpulan yang sama tentang ini. Kami akan mengatakan bahwa tidak mudah untuk mendisiplinkan si kecil di rumah. Disiplin itu mudah, tetapi penegakan dan kepatuhan yang sulit. Namun, pilihan kita bukanlah soal mudah atau sulit.

Kami tidak melakukan sesuatu yang sulit atau mudah. Disiplin sangat membantu perkembangan anak. Disiplin akan membentuk karakter dan karakter ini akan membentuk takdir.

Memang, untuk mematuhi doktrin itu, kita harus melakukan beberapa hal. Yang paling mendasar dari ini adalah:

Keseimbangan

Jangan menyesuaikan semuanya, akan terasa kaku dan kelebihan beban. Keseimbangan antara apa yang harus disiplin dan apa yang harus ditinggalkan (untuk melatih kreativitas). Kami membuat disiplin demi anak-anak, bukan untuk memenuhi ego kami. Kami menggertak anak-anak, bukan pengembang.

Pemrosesan

Disiplin langkah demi langkah. Hindari menghukum anak dengan disiplin tinggi. Ini akan membingungkan dan sulit untuk diikuti.

Ramah tapi tegas

Komunikasikan kedisiplinan dengan ramah, namun harus ditegakkan dengan tegas (tidak berat sebelah). Ketika terjadi pelanggaran, harus ada akibat/tanggung jawab.

Konsisten

Ini memang contoh kita. Bagaimana anak-anak bisa konsisten ketika kita sendiri yang tidak konsisten. Kita harus mencontohkan disiplin bangun pagi.

Idealnya, disiplin apapun yang kita terapkan, sudah kita komunikasikan atau sepakati sebelumnya. Kesepakatan akan sangat membantu dan akan terasa lebih bersahabat.
Yang juga penting adalah pemberian penghargaan, dalam bentuk apapun, berupa kata-kata, perlakuan atau hadiah, jika anak berhasil mengikuti disiplin tertentu.
Jangan hanya menghukumnya jika dia melanggar sesuatu, tetapi tenangkan dia jika anak itu menurut. Reward juga akan membuat anak lebih “percaya diri” bahwa mereka mampu.

Lebih penting lagi, itu membutuhkan dukungan. Beginilah cara kami menghukum anak-anak yang belajar di malam hari. Tentu saja kami harus menciptakan pendukung. Katakanlah kita setuju bahwa tidak ada yang menyalakan televisi atau membuat program yang mengganggu. Semoga kita bisa menjalankannya di rumah agar si anak bisa menjadi pribadi yang disiplin. Ini juga bisa bermanfaat di kemudian hari saat si kecil sudah dewasa.

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.