Pengobatan Eksim Secara Alami Yang Ternyata Manjur

Pengobatan eksim atau dermatitis atopik dalam bentuk herbal disebut sebagai cara mengobati penyakit kulit ini secara alami. Obat eksim tradisional tidak dapat sepenuhnya menyembuhkan eksim. Namun, bahan-bahan alami tersebut dipercaya dapat membantu meredakan gejala dan mengurangi keinginan untuk menggaruk kulit yang dapat memperburuk kondisi eksim. Lihat rangkaian lengkap obat eksim alami di artikel berikut.

Pilihan obat eksim tradisional untuk dicoba

Selain menjalani serangkaian pengobatan dari dokter, beberapa penderita dermatitis atopik mungkin menggunakan obat eksim alami untuk meredakan gejala penyakitnya. Meskipun hasilnya terlihat menjanjikan, Anda tetap harus menggunakannya dengan hati-hati.

Alasannya adalah bahwa beberapa perawatan eksim kering tradisional yang tercantum di bawah ini mungkin memerlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan keefektifannya.

Jadi ada baiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk menggunakan satu atau lebih obat eksim alami sebagai pengobatan alternatif. Beberapa pilihan obat eksim tradisional yang bisa dicoba adalah sebagai berikut.

Gel Lidah Buaya

Kandungan anti inflamasi pada lidah buaya dapat menenangkan kulit yang gatal dan terasa hangat akibat kambuhnya gejala eksim. Dari semua klaim tentang manfaat lidah buaya sebagai obat alami eksim, yang paling menonjol adalah efek pelembabnya. Cara mengobati eksim di rumah dengan lidah buaya bisa langsung menggunakan tanaman lidah buaya segar. Cukup oleskan gel lidah buaya ke area kulit yang bermasalah.

Diamkan hingga mengering dengan sendirinya lalu bilas dengan air hangat. Lakukan langkah ini 2 kali sehari selama beberapa minggu sampai gejala hilang.

Anda juga bisa menggunakan produk gel lidah buaya yang tersedia di pasaran. Namun, pastikan kandungan aloe veranya 100% dan tidak mengandung pewangi, pengawet dan pewarna yang dapat mengiritasi kulit. Selain itu, jangan memilih produk gel lidah buaya di pasaran yang mengandung alkohol karena dapat memperburuk gejala eksim.

Lakukan tes kulit terlebih dahulu untuk mengetahui risiko kemungkinan alergi.
Hal ini karena beberapa produk lidah buaya dapat menyebabkan sensasi terbakar dan sensasi terbakar pada kulit. Jika dirasa aman, Anda bisa mengaplikasikannya pada area kulit yang bermasalah.

Minyak kelapa murni

Obat tradisional eksim berikutnya adalah minyak kelapa murni. Menurut National Eczema Association, minyak kelapa murni mengandung monolaurin, sejenis asam lemak yang dapat membunuh bakteri Staphylococcus aureus.

Bakteri Staph diketahui lebih mudah berkembang biak pada kulit penderita eksim yang rentan terhadap infeksi akibat peradangan. Manfaat minyak kelapa murni juga dapat melindungi kulit dengan melawan peradangan dan memperbaiki lapisan kulit.
Belum lagi kandungan asam lemaknya yang dipercaya dapat membantu melembabkan kulit kering penderita eksim.

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.