Mengenal Yoga Nidra Beserta Segala Manfaatnya

Dalam yoga, ada pose savasana atau pose mayat yang membentuk amplop. Jika Anda menyukai pose ini, Anda bisa menikmati yoga nidra. Yoga nidra, juga disebut yoga tidur, adalah teknik meditasi yang bertujuan membawa tubuh ke fase relaksasi total. Keuntungannya tentu saja tidur menjadi lebih sehat dan bisa menghilangkan stres.

Yoga nidra berbeda dengan meditasi

Ada banyak jenis yoga yang berbeda. Mungkin ada sesuatu yang cocok untuk yoga bikram ruangan panas, yoga cepat, atau tidak sama sekali. Tapi jangan terburu-buru untuk mencoret yoga dari daftar olahraga Anda. Coba yoga nidra dulu.

Sesi yoga nidra sekitar 45 menit dapat membuat Anda merasa segar seperti baru bangun dari tidur tiga jam. Karena inti dari yoga ini adalah bergerak lebih pelan dan rileks.

Namun, yoga berbeda dengan meditasi. Anda akan diminta untuk berbaring dan dimungkinkan untuk memasuki tahap tidur terdalam, yaitu gelombang delta. Ini adalah gelombang yang terdeteksi ketika orang tertidur lelap.

Selain itu, saat melakukan yoga ini, instruktur akan membimbing tubuh dalam fase meditasi yang sangat terstruktur. Relaksasi, tetapi tidak ada kehilangan kesadaran.

Ini berbeda dengan meditasi yang bisa dilakukan sambil duduk dan membiarkan pikiran datang dan pergi secara bergantian.
Inti dari yoga ini adalah mengubah tubuh dan pikiran dari waspada menjadi santai. Semuanya terjadi saat Anda masih sadar.

Manfaat Yoga Nidra

Jadi apa manfaatnya?

Menenangkan sistem saraf

Fase meditasi yoga nidra menenangkan sistem saraf simpatik sehingga respons melawan-atau-lari terkendali. Pada saat yang sama, sistem saraf parasimpatis dirangsang. Ini adalah sistem yang berperan dalam merilekskan tubuh.

Stimulasi hormon melatonin

Saat tubuh rileks, kelenjar pineal menjadi aktif. Di sinilah produksi melatonin, antioksidan kuat yang penting bagi tubuh, berlangsung. Fungsi melatonin ini dapat mengontrol sistem kekebalan tubuh, tekanan darah dan kadar kortisol.

Hormon yang masih berhubungan dengan peran melatonin ini juga merupakan bantuan untuk membantu seseorang tidur nyenyak. Tidak hanya suara, tetapi juga kualitas.

Meredakan stres dan kecemasan

Ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa yoga nidra dapat mengurangi stres dan kecemasan yang berlebihan. Bahkan dibandingkan dengan meditasi, yoga lebih efektif.

Bagaimana Anda melakukan yoga nidra?

Biasanya yoga ini dilakukan dengan pemandu instruktur agar tubuh dan pikiran dapat memasuki fase relaksasi yang terstruktur.
Jika Anda ingin mencobanya sendiri, berikut langkah-langkahnya:

Koneksi dan fokus

Fokus pada tujuan jangka panjang yang berhubungan dengan kesehatan terlebih dahulu. Kemudian visualisasikan bahwa Anda telah mencapai tujuan ini dan merasa senang karenanya.

Rencanakan Niat

Pikirkan apa yang mendasari niat Anda untuk melakukan yoga nidra. Setiap orang bisa memiliki niat yang berbeda. Apapun itu, harus menjadi landasan utama untuk berlatih yoga nidra.

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.