Mengenal Kandungan Lain Yang Bermanfaat Pada Jeruk

Rasanya mustahil bila ada orang yang tidak menyukai jeruk. Buah yang populer ini memiliki rasa yang manis dan asam serta memberikan rasa yang menyegarkan pada dagingnya. Tak hanya soal rasa, buah jeruk juga mengandung beragam nutrisi yang membuatnya populer sebagai makanan sehat. Apa saja kandungan dan manfaat jeruk untuk kesehatan?

Ragam kandungan jeruk yang berkhasiat dan menyehatkan bagi tubuh

Untuk lebih menyukai buah jeruk, Anda perlu mengetahui profil kandungan jeruk dan jenis nutrisi yang Anda dapatkan. Berikut ini adalah nilai gizi buah jeruk yang kaya akan vitamin dan mineral:

Kandungan karbohidrat dalam jeruk

Seperti disebutkan di atas, jeruk sebagian besar mengandung karbohidrat dan air dengan sedikit protein, lemak, dan kalori. Buah jeruk terutama terdiri dari karbohidrat, yaitu gula sederhana termasuk glukosa, fruktosa dan sukrosa.

Meski mengandung gula, buah jeruk memiliki indeks glikemik yang rendah, dengan kisaran 31-51. Indeks glikemik mengacu pada seberapa cepat makanan yang Anda makan meningkatkan gula darah. Semakin rendah indeks glikemik suatu makanan, semakin baik untuk kesehatan.

Kandungan Serat dalam Buah Jeruk

Jika Anda ingin memenuhi kebutuhan serat harian Anda dengan mudah, jeruk adalah caranya. Faktanya, satu jeruk besar akan memberi kita 18% dari asupan serat makanan harian kita. Serat dalam buah jeruk juga bervariasi, antara lain pektin, selulosa, hemiselulosa dan lignin.

Serat harus terpenuhi agar manfaatnya bermanfaat bagi tubuh. Karena serat tidak seperti jenis karbohidrat lainnya, karena tubuh tidak dapat mencernanya. Manfaat serat antara lain menjaga kesehatan sistem pencernaan, mengontrol berat badan dan mengontrol kolesterol.

Manfaat Jeruk Bagi Kesehatan

Karena kandungan jeruk yang kaya akan nutrisi, maka tidak heran jika manfaat buah jeruk begitu banyak. Berikut daftar manfaat kesehatan dari makan jeruk yang tidak boleh Anda lewatkan:

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat jeruk yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Buah jeruk mengandung senyawa flavonoid, seperti hesperidin.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan flavonoid dalam buah jeruk memiliki efek perlindungan pada jantung. Kandungan serat dalam buah ini juga dipercaya memiliki efek yang sama. Konsumsi buah jeruk secara teratur berpotensi menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, kandungan polymethoxylated flavones (PMFs) dan d-limonene dapat mengaktifkan detoksifikasi di hati, yang dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan menjaga kadar gula darah dalam tubuh.

Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Jeruk mengandung asam sitrat dan sitrat, yang dipercaya efektif mencegah pembentukan batu ginjal. Oleh karena itu, sitrat dalam bentuk potasium sitrat sering diresepkan untuk mengobati penyakit batu ginjal pada pasien. Obat ini memiliki efek yang hampir sama dengan buah jeruk.

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.