Kenali Fenomena Sleep Texting Yang Cukup Unik

 
Pernahkah kamu mendengar fenomena menjawab pesan teks melalui ponsel saat Anda tidur? Kondisi ini dikenal dengan istilah sleep texting. Untuk memahami apa itu sleep texting, mari kenali penyebabnya dan cara mencegahnya. Apa itu SMS saat tidur?
Beberapa orang mungkin tidak asing dengan fenomena sleep texting.

Bagaimana cara orang yang sedang tidur membuka ponselnya untuk menjawab pesan teks?

Meski sulit dipercaya, kebiasaan merespons pesan teks saat tidur diklasifikasikan sebagai gangguan tidur yang disebut parasomnia.

Parasomnia adalah gangguan tidur yang terjadi saat tidur dengan gerakan mata cepat (REM) atau gerakan mata tidak cepat (NREM).

Gangguan tidur ini dapat menyebabkan seseorang melakukan aktivitas fisik atau verbal yang tidak diinginkan, seperti berjalan atau berbicara, selama tidur. Selama tidur SMS, pasien membuka kunci ponselnya dan kemudian membalas pesan teks dari kekasih, kerabat, atau kerabatnya tanpa menyadarinya.

SMS tidur biasanya terjadi pada orang yang tidur terlalu dekat dengan ponselnya tanpa mengaktifkan mode senyap atau getar.

SMS dalam tidur

Kabar baiknya, SMS saat tidur merupakan gangguan tidur yang bisa dilakukan dengan beberapa cara, antara lain:

Matikan telepon Anda

Cara sederhana dan efektif untuk menghindari SMS dalam mode tidur adalah dengan mematikan ponsel saat Anda tidur. Namun, beberapa orang tidak dapat mematikan telepon mereka karena pekerjaan mereka. Jauhkan pukulan Anda dari tempat tidur atau di tempat yang mudah dijangkau. Jika ponsel Anda ditemukan, Anda harus bangun dari tempat tidur untuk mengambilnya.

Resep pukulan mode senyap

Untuk mencegah tubuh Anda bangun untuk mengetik pesan singkat di ponsel Anda, Anda dapat mencoba meletakkan ponsel Anda dalam mode senyap. Diyakini bahwa Anda dapat tidur tanpa gangguan bahkan jika telepon ditemukan di malam hari.

Perbaiki pola tidur

Parasomnia seperti sleep texting dapat terjadi jika Anda kurang tidur. Oleh karena itu, usahakan untuk memperbaiki pola tidur dan tidur yang cukup yaitu 7-9 jam sehari.

Jangan buru-buru membalas pesan

Di tengah kesibukan Anda, sulit untuk tidak membalas pesan teks dengan cepat. Selain itu, ada pesan dari hutan. Namun, cobalah untuk tidak merespons pesan teks terlalu cepat, jika pesan yang Anda terima tidak terlalu penting. Tidak menanggapi pesan terlalu cepat diyakini dapat mengurangi risiko mengirim SMS saat Anda tidur.

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.