Manfaat Dari Video Call Atau Telfonan Selama Pandemi

Seberapa membosankankah pandemi global COVID-19 bagi Anda? Bahkan bagi seseorang yang merasa betah, berdiam diri di rumah untuk menjaga jarak bisa jadi menyebalkan.

Menariknya, ada penelitian yang menunjukkan bahwa manfaat bubble dapat mencegah kesepian yang berujung pada depresi. Tidak hanya menelepon, manfaat video call pun sama.

Bertemu melalui telepon atau virtual, tergantung pada preferensi individu. Memang jika zoom terlalu besar bisa menyebabkan kelelahan dan sejenisnya. Tapi kalau porsinya pas, bagus untuk kesehatan mental.

Fakta Menarik Tentang Sunshine Call

Pertama, mari kita lihat lebih dekat hasil penelitian yang dipublikasikan di JAMA Psychiatry. Penyelidikan ini berlangsung selama 4 minggu. Studi tersebut dirilis pada Februari 2021, lebih dari setahun sejak pandemi global COVID-19 melanda dunia.
Sejak merebaknya pandemi, semua orang diminta untuk tinggal di rumah. Lockdown diberlakukan dengan batasan yang berbeda-beda tergantung kebijakan pemerintah.

Oleh karena itu, semua pekerjaan, sekolah, dan aktivitas lainnya harus dilakukan dari rumah. Interaksi dengan orang lain adalah sesuatu yang harus dibatasi secara ketat. Hal ini sangat berisiko membuat seseorang merasa kesepian.

Manfaat Menelepon untuk Kesehatan Mental

Saat menelepon atau video call dulunya menjadi sarana komunikasi, urgensinya semakin meningkat di masa pandemi. Karena orang sangat mungkin merasa kesepian dan membutuhkan cara untuk tetap terhubung meski tanpa interaksi langsung. Beberapa manfaat menelepon atau video call saat pandemi adalah:

Terhubung dengan orang lain

Masyarakat membutuhkan koneksi tanpa harus bertemu di tengah pandemi, yakni melalui video call atau telepon. Bisa dengan teman, saudara atau bahkan orang lain yang bisa menjadi tempat untuk bercerita. Proses memelihara interaksi ini akan mempengaruhi perasaan secara positif.

Berdamai dengan emosi

Ada beberapa emosi yang muncul saat menjalani social distancing. Mungkin emosi ini belum pernah dirasakan sebelumnya. Setiap orang memiliki kesulitannya masing-masing. Nah, berinteraksi melalui telepon atau panggilan video dapat membantu memahami emosi ini.

Berkomunikasi Lebih Mudah

Menjadwalkan interaksi melalui telepon atau pertemuan virtual tentu jauh lebih mudah daripada pertemuan tatap muka. Artinya, kemungkinan mewujudkannya semakin besar. Anda juga dapat berkomunikasi melalui telepon lebih sering karena mudah dilakukan.

Dapatkan lebih banyak komunikasi pribadi

Bertukar pesan teks tidak sama dengan melakukan panggilan telepon. Mendengarkan suara orang lain dapat menciptakan hubungan emosional yang penting, baik yang efektif maupun kontekstual. Hal ini juga berlaku untuk interaksi melalui media sosial. Tidak ada yang sebanding dengan telepon atau panggilan video.

Mencegah Gangguan Mental

Sejalan dengan hasil penelitian di atas, keterikatan emosional yang muncul saat menelepon dapat mencegah seseorang berkembang menjadi gangguan psikologis. Dari kesepian, kecemasan berlebihan hingga depresi. Apalagi jika percakapan dilakukan dengan orang yang dipercaya yang dapat mendengarkan dengan tidak memihak.

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.