Manfaat Dari Minyak Biji Anggur Atau Grapeseed Oil

Minyak biji anggur merupakan jenis minyak yang diekstraksi dari biji anggur. Walaupun terbuat dari buah anggur, rasa dari minyak ini netral dan tidak fruity. Selain kulit, manfaat minyak biji anggur juga bisa menjadi alternatif minyak yang lebih sehat. Bahkan, minyak yang satu ini juga dikatakan bermanfaat bila dioleskan ke kulit dan rambut agar lebih sehat.

Manfaat dan Khasiat Grapeseed Oil

Lantas, apa yang membuat oli ini unggul dan layak dijadikan alternatif?

Kaya akan Lemak Sehat

Hanya sekitar 10% minyak biji anggur yang mengandung lemak jenuh. Sisanya adalah lemak tak jenuh tunggal atau polyunsaturated. Faktanya, bahan penyusun asam lemak sehat ini adalah omega-6, yang dikenal sebagai lemak yang menyehatkan jantung.

Multifungsi

Minyak ini memiliki rasa dan warna yang netral, tidak mengganggu rasa asli masakan. Titik asapnya bahkan bisa mencapai 215 derajat Celcius, memungkinkan untuk digunakan dari panggangan ke panggangan.
Tidak hanya untuk memasak, karena rasanya yang netral, minyak ini juga bisa digunakan untuk membuat kue. Tidak ada yang salah dengan saus ekstra untuk pasta atau salad.

Baik untuk Kesehatan Jantung

Untuk menjaga kesehatan jantung, sangat disarankan untuk mengganti lemak jenuh dengan lemak tak jenuh. Inilah manfaat yang dijawab oleh minyak biji anggur. Karena kandungan asam lemak tak jenuh gandanya cukup tinggi, hingga 70%.

Berpotensi melembutkan kulit

Selain dikonsumsi, minyak jus jeruk bali juga bisa bermanfaat bila dioleskan ke kulit. Dalam sebuah penelitian, asam lemak di dalamnya menjaga kulit tetap terhidrasi. Dengan cara ini, kulit pecah-pecah dan kasar dapat dikurangi.

Potensi Antimikroba

Beberapa penelitian kecil seperti yang dilakukan menunjukkan bahwa ia dapat melawan patogen. Hal ini tentunya berkaitan erat bersama komponen fenolik yang ada di minyak, seperti reservatrol, dimana ini menghambat pertumbuhan bakteri. Terutama bakteri Staphylococcus aureus dan Escherichia coli.

Baik untuk Diet

Minyak biji anggur cocok untuk orang yang sedang diet. Karena hanya mengandung satu bahan, itu tidak menyebabkan alergi, juga tidak mengandung sodium dan gluten. Bahkan, bisa juga menjadi pilihan bagi para vegan dan vegetarian.

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.