Inilah Cara Menahan Lapar Yang Efektif Saat Puasa

Lapar saat berpuasa di bulan Ramadhan adalah hal yang wajar. Namun, jika Anda merasa sulit menahan rasa lapar dan haus saat berpuasa, Anda perlu menyiasatinya dengan melakukan beberapa perubahan. Agar ibadah maghrib Anda berhasil dan lancar, ada beberapa cara mengatasi rasa lapar saat berpuasa yang bisa membantu Anda.

Bagaimana Menghentikan Kelaparan Saat Puasa yang Baik?

Puasa yang benar dipercaya dapat membantu mengontrol berat badan, mengurangi peradangan, mengontrol gula darah, dan memberikan sejumlah manfaat lainnya.
Untuk mendapatkan beberapa manfaat tersebut, berikut beberapa cara menghindari lapar saat berpuasa.

Makan Makanan Bergizi

Oleh karena itu, Anda perlu mengonsumsi berbagai makanan bergizi tinggi untuk mendapatkan energi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Di sisi lain, jika Anda makan sembarangan, Anda mungkin merasa lemas, lelah dan lapar saat berpuasa di siang hari.

Kebutuhan cairan harian yang cukup

Agar tidak haus saat puasa, Anda harus memenuhi kebutuhan cairan di luar masa puasa. Jadi cobalah untuk minum dua liter cairan secara teratur antara buka puasa dan sahur. Anda bisa minum air putih, teh atau sup agar tidak merasa lapar saat berpuasa.

Porsi makan yang cukup

Cara lain untuk mencegah rasa lapar saat puasa adalah makan dengan porsi yang cukup saat buka puasa dan sahur. Mengkonsumsi makanan dalam porsi yang cukup dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi Anda.

Pasalnya, Anda tidak hanya akan menjadi lebih lapar, tetapi makan lebih sedikit juga dapat mengganggu fungsi organ dan bahkan memperlambat kinerja otak saat berpuasa.

Berlatihlah pada waktu yang tepat

Memilih waktu yang tepat untuk berolahraga bisa menjadi cara menahan rasa lapar dan haus saat berpuasa. Olahraga dapat membuat tubuh Anda tetap bugar dan kondisi fisik Anda dalam kondisi prima.

Usahakan untuk melakukan olahraga ringan, seperti jalan kaki, bersepeda, atau jogging, sekitar satu jam sebelum buka puasa atau beberapa jam setelah buka puasa.

Hindari olahraga berat di siang hari, terutama di hari yang panas. Beberapa orang mungkin dapat melakukannya, tetapi kebanyakan orang umumnya merasa lelah dan tak tertahankan setelah berolahraga berat.

Mengalihkan Rasa Lapar Dengan Melakukan Aktivitas Lain

Cobalah untuk mengalihkan perhatian Anda dengan melakukan sesuatu untuk menekan rasa lapar saat berpuasa. Misalnya, mengerjakan pekerjaan rumah, berkebun atau menunggu pekerjaan kantor.

Bukan rahasia lagi bahwa terlambat masuk kerja sering membuat Anda lupa waktu. Jadi jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan. Dengan melakukan sesuatu, waktu terasa cepat berlalu dan Anda tidak mudah tergoda oleh rasa lapar dan haus.

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.