Berbagai Penyebab Bayi Mengalami Radang Tenggorokan

Apakah bayi Anda tidak tidur nyenyak, apakah dia tidak mau minum susu dan apakah dia banyak menangis di malam hari? Itu semua bisa disebabkan oleh radang tenggorokan. Namun, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Berikut beberapa penyebab sakit tenggorokan pada bayi dan cara mengatasinya.

Penyebab Sakit Tenggorokan Pada Bayi

Ada beberapa kondisi umum yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan pada bayi, antara lain:

Pilek

Sakit tenggorokan biasanya disebabkan oleh infeksi virus seperti flu biasa. Rata-rata, bayi mengalami hingga 7 kali pilek sebelum mereka berusia satu tahun. Hal ini karena sistem kekebalan tubuh mereka masih berkembang dan belum matang. Jika pilek disertai demam dan bayi Anda terlihat tidak nyaman, jangan bawa dia keluar rumah. Awasi kondisi anak Anda untuk berjaga-jaga.

Sakit Tenggorokan

Meski jarang terjadi pada anak di bawah usia 3 tahun, bukan berarti bayi tidak bisa lepas dari ancaman tersebut. Gejala radang tenggorokan pada bayi yang disebabkan oleh radang tenggorokan dapat berupa demam dan amandel berwarna merah. Selain itu, Anda mungkin juga merasakan pembengkakan kelenjar getah bening di bagian belakang leher anak.

Penyakit Tangan, Kaki dan Mulut (Flu Singapura)

Penyakit tangan, kaki dan mulut atau flu Singapura juga merupakan kemungkinan penyebab radang tenggorokan pada bayi. Kondisi medis ini sering menyerang anak-anak di bawah usia 5 tahun.

Selain sakit tenggorokan, flu Singapura dapat menyebabkan gejala lain seperti demam, sakit mulut, sariawan, dan kesulitan menelan. Tak hanya itu, flu Singapura bahkan bisa menyebabkan ruam dan bercak kemerahan pada tangan, kaki, mulut, dan bokong anak.

Bagaimana Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Pada Bayi?

Selain itu, ada beberapa cara mengobati sakit tenggorokan pada bayi yang bisa Anda coba di rumah.

Nyalakan pelembab udara

Menggunakan pelembab udara atau humidifier dianggap sebagai cara mengobati sakit tenggorokan pada bayi yang patut dicoba. Udara lembab ini dapat memudahkan bayi untuk bernapas.

Namun, jangan letakkan pelembab udara terlalu dekat dengan bayi Anda sehingga ia tidak dapat menyentuhnya. Jauhkan dari jangkauan anak-anak dan pastikan mereka dapat merasakan efek pelembab dari AC ini.
Ingatlah untuk selalu membersihkan alat-alat ini secara rutin untuk mencegah jamur dan bakteri.

Nyalakan air panas di kamar mandi

Coba nyalakan keran air panas di kamar mandi agar bayi Anda bisa menghirup uapnya. Cara mengatasi sakit tenggorokan pada bayi ini dinilai efektif karena uap hangatnya bisa melembabkan tenggorokan bayi.

Berikan makanan dingin

Jika bayi Anda sudah makan makanan tambahan, cobalah memberinya makanan dingin untuk meredakan gejala sakit tenggorokannya. Makanan dingin ini bisa berupa ASI atau makanan beku. Pastikan Anda dekat dengannya saat bayi Anda menyusu agar ia tidak tersedak.

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.